Senin, 07 Maret 2016

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 (Bagian A: Pilihan Ganda)


Alhamdulillahirobbalil alamin patut kita ucapkan kepada Allah SWT atas terselesainya pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 ini dengan baik dan menarik pada hari Sabtu, tanggal 5 Maret 2016 baik bidang studi Matematika, IPA dan IPS. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk OSN Matematika, IPA dan IPS Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional.
Pada postingan sebelumnya Penulis sudah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016


Sedangkan pada postingan kali ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 (Bagian A: Pilihan Ganda). Jika ada Solusi yang 'lebih gampang/mudah dipahami oleh siswa' atau bahkan solusi yang lebih baik,... Penulis sangat berharap dan berterimakasih untuk masukan, saran dan kritik yang membangun, "karena penulis hanyalah Manusia Biasa... :-)". Sedangkan lampiran untuk pembahasan Bagian B, silakan menuju link Pembahasan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten 2016 (Bagian B)

-----Semoga Bermanfaat-----
Unduh Soal dan Pembahasannya silahkan klik gambar di bawah ini atau [Download]
https://drive.google.com/file/d/0ByVRPALm_krQWXZ5Mzg5aDgwNW8/view?usp=sharing

Demikian lampiran Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian A, semoga kita selalu bisa berbagi, amien.....


11 komentar:

  1. Terima kasih materi OSN Matematika untuk persiapan lomba OSN

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, smg sukses lombanya, amien...

      Hapus
  2. Pak, mungkin penyelesaian nomor satu tidak mesti serumit itu. Sebenarnya penjelasannya memang bagus dan sempurna, karena ditulis secara sistematis dan runtut. Tapi penjelasannya saya rasa terlalu berbelit-belit. Kan bisa aja tuh pak, (2016^2 - 16) diubah jadi (2016^2 - 4^2), terus difaktorkan jadi (2016 - 4)(2016 + 4). Begitu juga untuk (2016^2 - 1), diubah lalu difaktorkan lagi. Nanti pada akhirnya, tinggal dicoret-coret saja. Paling tidak cara ini mungkin lebih mudah dimengerti siswa. Saya juga seorang siswa dan lebih suka menggunakan cara-cara yang praktis (terkecuali untuk tingkat nasional, karna cara-cara praktis harus dihindari).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak atas masukan dan saran,,,
      boleh2 saja seperti itu... "(sebenarnya lau boleh jujur: memang saya pribadi mengarahkan kepada siswa supaya terbiasa mengerjakan ketika soal untuk tingkat nasional)"
      atau mungkin seperti berikut:
      = (2016+1)(2016^2 – 4^2)(2016+1)/(2016+4)(2016^2 – 1)
      = (2016^2 – 1)(2016+4)(2016 – 4)/(2016+4)(2016^2 – 1)
      = 2016–4
      = 2012

      Hapus
  3. Mas tolong dibantu gmn penyelesaian soal osn sd 2016 ini :
    Misalkan x adalah bil 4 angka terbesar yang jumlah pembagi positifnya 2016, sdngkan y adalah bil 4 angka terkecil yang jumlah pembagi positifnya 2016.
    nilai x-y = ...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tulis dulu soalnya, insyaAllah lau saya bisa menjawabnya dan ada waktu, nanti saya kabari lagi...

      Hapus
  4. Maaf pak mau Tanya… ini mungkin bukan soal osn tapi saya kurang faham dalam menyelesaikannya
    Soalnya.
    3□(4/9) = a + 1/(b+□(1/c)) , maka nilai , a + b + c adalah………..
    a. 24 b. 12 C. 10 d. 9
    Tolong penjelasannya . terima kasih. (m.Daim Guru Mts di Seluma Bengkulu. (email:daimlubis@yahoo.co.id))

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang jelas soalnya, maksud dai tanda kotak itu apa ya?

      Hapus
  5. Balasan
    1. demi anak bangsa, kita harus bisa berbuat sesuatu yang bermanfaat utk pendidikan di Indonesia.

      Hapus

Random Post