Senin, 11 April 2016

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016 (Bagian A: Soal Isian Singkat)

Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016.  Pembahasan yang Penulis susun masih bersifat terbuka untuk diskusi tentang pembahasannya.
Barang kali ada pembahasan yang kurang tepat atau ada pembahasan yang lebih gampang dipaami oleh siswa Penulis sangat berharap untuk kritik dan masukannya. Hal ini bertujuan untuk saling membantu untuk mendongkrak kualitas mutu Pendidikan di indonesia, apalagi bulan depan adalah bulan Mei yang merupakan mumen Hari Pendidikan Nasional.....heheh :-)

Sedangkan untuk Pembahasan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016 Bagian B: Soal Uraian, InsyaAllah pada kesempatan yang lain Penulis akan melampirkannya, tunggu saja dalam waktu dekat ....hehehe.... :-)

-----Semoga Bermanfaat-----

Unduh Soal dan Pembahasannya silahkan klik gambar di bawah ini atau [Download]
 

https://drive.google.com/file/d/0ByVRPALm_krQMlFjZkxzSnpmMEE/view?usp=sharing

Demikian lampiran Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016 Bagian A, semoga kita selalu bisa berbagi, amien.....



6 komentar:

  1. No 8 kenapa pada gambar panjang sisi persegi 1 tapi pemisalan potongan sisi x dan x-1. Berakibat panjnagnya x + x - 1 =2x -1. Apa tdk seharusnya pemisalan x dan 1 - x shg panjang sisi x + 1 - x = 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Upz.., oh iya: keliru ngetiknya..
      makasih pak Saiful atas koreksinya...

      Hapus
  2. No. 10 tidak dijelaskan apakah nilai a harus bulat, jadi harusnya tidak perlu difaktorkan.

    Langkah yang diinginkan sepertinya mengurangi jumlah suku genap dan suku ganjil, sehingga didapat:
    b * 0.5n = 18 ... [1]

    Selanjutnya selisih suku pertama dan terakhir adalah 34, maka didapat:
    b * (n-1) = 34 ... [2]

    Dari persamaan [1] dan [2] didapat nilai b = 2 dan n = 18 (dan nilai a = -112/9)

    ------------------------------------

    no 9 mungkin maksud pembahasan Bapak seperti ini yah:
    rata-rata nilai sampai ulangan ke-6 adalah a
    nilai ulangan ke-7 adalah b
    nilai ulangan ke-8 adalah c
    Sempat bingung tadi bacanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk nomor 10: saya sepakat demikian, blm sempat mengganti filenya...sebenarnya pembahasan saya sudah demikian sejak minggu lalu,...tp terimakasih banyak ya: diingatkan..

      no. 9: oh iya maksudnya demikian...

      sekali lagi, terimakasih banyak Gan atas masukannya...

      Hapus
  3. Pak tolong penjelasan nomor 1 kenapa bisa langsung pakai rumus 2n-1

    BalasHapus
  4. saudara rehu
    ambil saja misalnya bilangan itu 1,3,5 ...sampe ke 2016
    ntar a = 1 b= 2 .. masukin ke un rumus umum deret aritmatika

    BalasHapus

Random Post