•  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018.  Pembahasan yang Penulis susun masih bersifat terbuka untuk diskusi tentang pembahasannya.
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Tingkat Provinsi Tahun 2018 telah terlakasana dengan baik, yaitu pada tanggal 21 April 2018 yang bertepatan dengan Hari Kartini baik bidang studi Matematika, IPA dan IPS. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk menghadapi OSN Tingkat Nasional tahun 2018.
  •  Akhirnya Penulis bisa melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 untuk soal hari kedua. Walaupun akhir-akhir ini banyak sekali kesibukan yang Penulis lakukan disamping menyusun dan mengkoreksi soal Pre Test OSN Guru Matematika SMP Tahun 2016 termasuk mempersiapkan modul pelatihannya, kegiatan kampus, kegiatan sekolah dll........
  •  Alhamdulillahirobbil ‘alamin.... patut Penulis ucapkan karena di sela-sela kesibukan yang Penulis dapatkan pada akhirnya Penulis bisa mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 Hari Pertama. Dimana pada postingan sebelumnya Penulis sudah mempostingkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016.......
  •  Postingan berikut akan penulis lampirkan tentang Hasil Koreksi OSN SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016. Sedangkan Tuan rumah untuk peserta OSN yang lolos Ke Tingkat Nasional Tahun 2016 ini terletak Kota Palembang, Sumatera Selatan. Ajang akbar tahunan ini akan diselenggarakan pada pada 15-21 Mei 2016........
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016 Bagian B: Soal Uraian, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat.......
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016.......
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Guru Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 telah terlakasana dengan baik pada tahun ini, baik bidang studi Matematika maupun IPA. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk OSN Guru Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional Tahun 2016......
  •  Pada postingan kali ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian B: SoalUraian. Dimana pada postingan sebelumnay Penulis telah mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian A.....
  •  Alhamdulillahirobbalil alamin patut kita ucapkan kepada Allah SWT atas terselesainya pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 ini dengan baik dan menarik pada hari Sabtu, tanggal 5 Maret 2016....

Sabtu, 21 Desember 2013

Kurikulum 2013 Terbukti Dorong Siswa Lebih Aktif

Mamuju, Sulawesi Barat --- Kurikulum 2013 bertujuan mendorong peserta didik untuk mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar,­ dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), terhadap apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah mene­rima materi pembelajaran. Setelah berjalan selama satu semester, implementasi Kurikulum 2013 terbukti mampu mencapai tujuan tersebut. Misalnya peserta didik di SDN 1 Unggulan Mamuju, Sulawesi Barat, yang terlihat lebih aktif.

Kamis, 12 Desember 2013

Survei PISA Makin Memperkuat Pentingnya Kurikulum 2013

Mendikbud M Nuh (dok.detikcom) 

Bandung, - Kemampuan matematika siswa-siswi Indonesia menempati peringkat 64 dari 65 negara dalam survei Programme for International Study Assesment (PISA) di bawah Organization Economic Cooperation and Development (OECD).

Mendikbud M Nuh mengatakan hasil survei ini justru menunjukkan bahwa Kurikulum 2013 penting.

"Apa alasan kenapa kita lakukan perbaikan atau perombakan kurikulum baru, salah satunya kan (survei) PISA itu," kata Mendikbud ketika ditanya tanggapannya tentang survei PISA 2012.

Hal itu disampaikan Mendikbud usai meluncurkan program Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 di Aerowisata Grand Hotel Preanger, Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/12/2013) malam.

"Jadi apapun yang dilakukan PISA, semakin memperkuat kenapa Kurikulum 2013 penting," jelas Mendikbud.

Berikut wawancara Mendikbud dengan wartawan

Senin, 09 Desember 2013

POS Ujian Nasional Tahun 2014

Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional Tahun 2013/2014 atau POS UN tahun 2014 merupakan Prosedur Operasi Standar untuk Penyelenggaraan Ujian Nasional di berbagai jenjang pendidikan. Prosedur operasional tersebut merupakan acuan pelaksanaan ujian nasional bagi Sekolah Menengah Pertama, Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Atas Luar Biasa, dan Sekolah Menengah Kejuruan, Madrasah Aliyah Kejuruan tahun pelajaran 2013/2014.

Minggu, 01 Desember 2013

Ada Kaitan Utuh antara Kurikulum 2013 dengan Ujian Nasional

Mendikbud: Ada Kaitan Utuh antara Kurikulum 2013 dengan Ujian Nasional
Jakarta--Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan, ada kaitan utuh antara Kurikulum 2013 dengan Ujian Nasional (UN). Kaitan ini, kata dia, berangkatnya dari delapan standar nasional pendidikan (SNP).
"Karena satu kesatuan utuh maka menjadi perhatian khusus kita. Penilaian itu bagian kurikulum. UN dan ujian sekolah adalah bagian dari penilaian dan penilaian bagian dari kurikulum," katanya pada Rapat Koordinasi Persiapan Implementasi Kurikulum 2013 pada Tahun 2014 dan Ujian Nasional 2014.

Jumat, 22 November 2013

Ujian Nasional 2014 Digelar 14 April


[JAKARTA] Ujian Nasional (UN) tahun 2014 akan diawali untuk jenjang SMA/MA, SMK/MAK, dan SMALB pada 14 April 2014. Kemudian, disusul UN untuk jenjang SMP/MTs dan SMPLB tanggal 5 Mei 2014.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan waktu pelaksanaan UN disesuaikan dengan kegiatan nasional salah satunya pemilu legislatif yang digelar 9 April 2014.

"Kami pertimbangkan jadwal UN dengan kegiatan-kegiatan nasional lain," ujar Nuh.

Kamis, 21 November 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2012 Nomor 3



Soal:
Jika 1 + (1/4) + (1/9) + (1/16) + (1/25) + ..... = a, maka (1/9) + (1/25) + (1/49) + ..... = .....


Pembahasan:
1 + (1/4) + (1/9) + (1/16) + (1/25) + (1/36) + (1/49) + ..... = a
Kemudian:

Kamis, 14 November 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2012 Nomor 2



Soal:
Jumlah tiga bilangan adalah 19. Jika bilangan pertama dan bilangan kedua masing-masing dikurangi 1, maka diperoleh dua bilangan dengan rasio 1 : 3. Jika bilangan kedua dan ketiga masing-masing ditambah 3, maka diperoleh dua bilangan dengan rasio 5 : 6. Selisih bilangan terbesar dan terkecil adalah ….


Pembahasan:
Misalkan ketiga bilangan tersebut adalah  a, b, dan c.
Sehingga jumlah ketiganya adalah:
a + b + c = 19   .......... (1)
Diketahui dari soal bahwa jika bilangan pertama dan bilangan kedua masing-masing dikurangi 1 memiliki rasio 1 : 3, hal ini dapat diuraikan sebagai berikut:

Selasa, 12 November 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2012 Nomor 1


Soal:
Sebuah silinder memiliki tinggi 5 cm dan volume 20 cm3. Luas permukaan bola terbesar yang mungkin diletakkan ke dalam silinder tersebut adalah ….

Pembahasan:
Perhatikan ilustrasi gambarnya berikut!
Dari gambar disamping nampak jelas bahwa jari-jari tabung dengan jari-jari bola adalah sama,
hal ini mengakibatkan bahwa bola yang berada didalam silinder adalah bola terbesar.
Segingga untuk mengetahui luas permukaan bola tersebut, carilah terlebih dahulu nilai yang bisa disubstitusikan ke Vumue Luas Permukaan bola, yakni melalui volume silinder, sebagai berikut:

Rabu, 06 November 2013

Kemendikbud Ubah Pola UN Pada 2015


 
 Puluhan pelajar menunjukan kartu kelulusan Ujian Nasional 
di SMK Pondok Indah, Jakarta. (ANTARA/M Agung Rajasa)

Surabaya (ANTARA News) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengubah pola ujian nasional (UN) pada 2015, karena saat itu semua jenjang pendidikan sudah menerapkan Kurikulum 2013.

"Pola UN tidak mungkin diubah sekarang, karena siswa pelaksana Kurikulum 2013 masih belum menjadi peserta UN," kata Staf Khusus Mendikbud Bidang Komunikasi Media, Sukemi, di Surabaya, Selasa.

Disela "focus group discussion" (FGD) tentang Kurikulum 2013 dan UN yang diikuti akademisi, praktisi pendidikan, pers, dan pegiat jaringan penulis artikel, ia menjelaskan UN sebagai standar evaluasi akan tetap ada.

Minggu, 03 November 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2012 Nomor 3

Soal:
Jika  kedua akar persamaan  p2x2 – 4px + 1 = 0  bernilai negatif, maka nilai p adalah ...
A.       p < 0
B.        p  < 3 – 1/2
C.        p < 3 + 1/2
D.       p < 3
E.        p < 2 – 3

Pembahasan: A
Diketahui: kedua akar persamaan  p2x2 – 4px + 1 = 0  bernilai negatif, maka x1 < 0 dan x2 < 0
Sehingga x1 + x2 < 0 dan x1 . x2 > 0, yaitu sebagai berikut:

Sabtu, 02 November 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2012 Nomor 2



Soal:
Diketahui persegi ABCD. Jika titik E terletak pada BC dan titik F terletak pada CD sehingga AE dan AF membagi persegi ABCD menjadi 3 daerah yang luasnya sama, maka perbandingan luas segitiga AEF terhadap persegi ABCD adalah ...
A.      4 / 18
B.       5 / 18
C.       6 / 18
D.      7 / 18
E.       8 / 18

Pembahasan: B

 Diketahui: Luas DAFD = Luas DABE = Luas segiempat AECF = (1/3)Luas persegi ABCD
Luas DABE    = (1/3) Luas persegi ABCD
(1/2)AB x BE  = (1/3) (a)2
BE            = (2/3)a      ==> sehingga:

Jumat, 01 November 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2012 Nomor 1



Soal:
Pernyataan yang benar diantara pernyataan-pernyataan berikut adalah:
A.      {}
B.       {}
C.      
D.      {a,b} {a, b, {{a, b}}}
E.       {a, } {a, {a, }}


Pembahasan: C
Untuk menjawab pertanyan di atas perlu kita cek satu persatu dulu mulai dari Pilihan A, B, C, D, dan E, manakah pernyataan yang benar dan sesuai dengan kaidah ilmu matematika, untuk lebih jelasnya perhatikan pengecekan berikut ini:

Senin, 21 Oktober 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2011 Nomor 3



Soal:
Bangun datar ABCD di samping adalah trapesium dengan AB sejajar CD. Titik E dan F terletak pada CD sehingga AD sejajar BE dan AF sejajar BC. Titik H adalah perpotongan AF dengan BE dan titik G  adalah perpotongan AC dengan BE. Jika panjang AB adalah 4 cm dan panjang CD adalah 10 cm, hitunglah perbandingan luas segitiga AGH dan luas trapesium ABCD.



Pembahasan:
Perhatikan gambar berikut!

Misalkan tinggi trapesium = t, maka Luas trapesium = 1/2(14 + 7)t = 7t cm2
Diketahui   Karena AB//DC  dan AD//BE, maka panjang DE = AB = 4 cm
                   AB//DC  dan AF//BC, maka panjang CF = AB = 4 cm dan panjang EF = 2 cm
Perhatikan DGEC dan DADC! Keduanya adalah sebangun, sehingga:

Minggu, 20 Oktober 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2011 Nomor 2

Soal:
Didefinisikan nilai mutlak |x| sebagai berikut.
|x| = x, jika x ≥ 0 dan |x| = −x, jika x < 0.
Jika x dan y adalah bilangan bulat, tentukan banyak pasangan (x, y) yang memenuhi |x| + |y| ≤ 50.



Pembahasan:
Diketahui  |x| + |y| ≤ 50. dari bentuk |x| , |y|: artinya ada pasangan titik koordinat sebanyak 4 model: (x, y), (x, –y), (–x, y), dan (–x, –y)
Kemudian kita mencari pola penyelesaianya mulai dari pasangan yang terkecil sampai dengan pasangan yang tersebesar, yaitu pasangan-pasangan titik koordinat yang terdapat di 4 kuadran pada diagram kartesius, sebagai berikut;

Sabtu, 19 Oktober 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2011 Nomor 1

Soal:
Dari pengukuran terhadap tinggi sembilan pohon diperoleh data sebagai berikut.
a.    Ada tiga macam ukuran tinggi pohon (dalam satuan meter).
b.    Semua data berupa bilangan bulat positif.
c.    Mean = median = modus = 3.
d.   Jumlah kuadrat semua data adalah 87.
Tentukan semua kemungkina ukuran tinggi sembilan pohon tersebut.


Pembahasan:
Diketahui ada tiga macam ukuran tinggi pohon dari 9 pohon, sehingga datanya dapat dimisalkan:

Data
x
y
z
Frekuensi
a
b
c

Karena semua data berupa bilangan bulat positif, maka 0 <x<y<z, kemudian:

Senin, 14 Oktober 2013

Membumikan Makna Qurban dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara


Oleh: Abdur Rahman As’ari
(Koordinator OSN Matematika SMP dan Pakar Teknologi Pembelajaran Matematika Indonesia)

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Beberapa saat lagi kita akan melaksanakan salah satu hari saya (ied) dalam Islam, yaitu Ied al Qurban atau juga lazim disebut dengan Ied al Adha. Bersama-sama dengan Ied al Fitr, dua hari raya ini ditetapkan oleh Rasulullah Muhammad SAW sebagai pengganti hari raya yang biasa dirayakan oleh kaum Yahudi di Madinah. Namun demikian, kita tidak akan membahas lebih jauh tentang sejarah ditetapkannya Ied al Qurban ini. Kita justru ingin lebih banyak belajar untuk memikirkan kemungkinan pembumiannya di dalam kehidupan sekarang ini.

Rabu, 09 Oktober 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2011 Nomor 3



Soal:
Jika bilangan bulat x dan y dibagi 4, maka bersisa 3. Jika bilangan x – 3y dibagi 4, maka bersisa....



Pembahasan:
Menurut informasi dari soal bahwa bilangan bulat x dan y dibagi 4, maka bersisa 3, artinya adalah x = 4m + 3 dan y = 4n + 3, dimana m dan n bilangan bulat
Oleh karena itu, sehingga diperoleh:

Selasa, 08 Oktober 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2011 Nomor 2



Soal:
Jika f adalah fungsi sehingga f(xy) = f(xy) dan f(6) = 1, maka f(–2) – f(4) = ...


Pembahasan:
Diketahui fungsi  f(xy) = f(x – y) dan  f(6) = 1
Kemudian mencari pola dari kedua persamaan diatas agar bisa diseledaikan, yakni: 

Senin, 07 Oktober 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2011 Nomor 1


Soal:
Jika x adalah jumlah 99 bilangan ganjil terkecil yang lebih besar dari 2011 dan y adalah jumlah  99 bilangan genap terkecil yang lebih besar dari 6, maka x + y =.....


Pembahasan:
Adapun 99 bilangan ganjil terkecil yang lebih besar dari 2011 adalah 2013, 2015, ... U99
Hal ini merupakan deret aretmatika, sehingga jumlah bilangannya adalah:

Jumat, 04 Oktober 2013

Ciri-ciri Bilangan Habis Dibagi

Berikut ini Penulis lampirkan ciri-cari Habis dibagi suatu Bilangan,..dimana diantaranya adalah habis dibagi 2, habis dibagi 2^2, habis dibagi 3, habis dibagi 4, habis dibagi 5, habis dibagi 6, habis bilangan 7, habis dibagi 8, habis dibagi 11, habis dibagi 12, habis dibagi 13, habis dibagi 17, habis dibagi 19, dan habis dibagi 29 disertai juga latihan soalnya,...
Semoga dengan pembahasan Uji Habis dibagi ini, adik-adik siswa SMP bisa saip menghadapi OSN 2014, sehingga menjadi juara dan sesuai dengan harapan yaitu mendapatkan medali mas di OSN 2014, untuk lebih jelasnya silahkan adik bisa download pembahasan materi tersebut dibawah ini!

Kamis, 03 Oktober 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2011 Nomor 3



Soal:
Pada   gambar    berikut   tabung   berisi   air,   tinggi   dan   diameter   tabung    tersebut adalah 18 cm dan 6 cm.  Kemudian ke dalam tabung dimasukkan 3 bola pejal yang identik (sama bentuk) sehingga bola tersebut menyinggung sisi tabung dan air dalam tabung keluar, maka sisa air di dalam tabung adalah ... cm3.
A. 51 π
B. 52 π
C. 53 π
D. 54 π
E. 55 π


Pembahasan: D
Sisa air di dalam Tabung   = Volume Tabung – 3 x Volume Bola

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2011 Nomor 2



Soal:
Menggunakan angka-angka 1, 2, 5, 6 dan 9 akan dibentuk bilangan genap yang terdiri dari lima angka.  Jika tidak ada angka yang berulang, maka selisih bilangan terbesar dan terkecil adalah ...
A. 70820
B. 79524
C. 80952
D. 81236
E. 83916


Pembahasan: E
Diketahui angka 1, 2, 5, 6 dan 9 akan dibentuk bilangan genap yang terdiri dari lima angka dengan tidak ada angka yang berulang, sehingga bilangan yang dimaksud adalah:

Random Post