Rabu, 16 Maret 2016

Soal dan Pembahasan OSN Guru Matematika SMP Tahun 2016


Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Guru Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 telah terlakasana dengan baik pada tahun ini, baik bidang studi Matematika maupun IPA. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk OSN Guru Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional Tahun 2016.
Pada postingan kali ini Penulis akan melampirkan Naskah Soal dan Pembahasan Soal OSN Guru Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016. Jika ada Solusi yang 'lebih gampang/mudah dipahami oleh siswa/Guru',...  Penulis sangat berterimakasih untuk masukan, saran dan kritiknya, "karena penulis hanyalah Manusia Biasa... :-)"




-----Semoga Bermanfaat-----


Unduh Soal dan Pembahasannya pada Link Berikut:

1.        Soal OSN Guru Matematika SMP Tahun 2016 [Download Soal]
 
2.        Soal dan Pembahasan OSN Guru Matematika SMP Tahun 2016 [Download Solusi]


Demikian lampiran Soal dan Pembahasan OSN Guru Matematika SMP Tahun 2016, semoga kita selalu bisa berbagi, amien.....


14 komentar:

  1. Soal uraian no 2.
    mulai (5/4)=(2-a/7-b) disimpulkan 2-a=5 dan 7-b=4 menurut saya kurang tepat. hrsnya 2-a=5k, 7-b=4k untuk suatu k.
    Sebaiknya dari persamaan pecahan terus dikalikan silang diperoleh
    4a-5b=-27.
    Kedua ruas dikuadratkan deiperoleh;
    16a^2-40ab+25a^2=27^2
    Kaitkan dg yg diketahui maka ditemukan jawabannya 27^2-26^2=53

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak pak atas masukannaya...

      Hapus
  2. Soal uraian no 4:
    harusnya 15/6= 2 3/6=2 1/2

    BalasHapus
  3. No 13. Dari bentuk t^2+(x-24)t-12x=0.
    Coba dianalisa Agar t >0 maka D>0.
    Tapi kalo misalnya t bilangan bulat > 0, maka D=k^2, untuk suatu k bil asli
    D=((x-24)^2)-4(-12x)=k^2
    x^2+24^2=k^2
    dengan tripel Pythagoras dipenuhi x =7 untuk k=25.
    Dan seterusnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip Pak Saiful, ide yg bagus...goodjob..
      sebelumnya sy sempat berpikiran seperti , tp masih kurang yakin... he he he
      makasih pak...atas masukannya...

      Hapus
    2. Mungkin msh ada misspersepsi yg saya maksud P Thohir. yg sy maksud dst sebetulnya ada bberpa alternatif. saya menemukan beberapa alternatif tripel pythagorsa persis seperti yg dibuat p budi harjo. Jadi tambah yakin sekarang.

      Hapus
    3. Ouh..., jadi maksudnya sama toh dengan pembahasan yang dibuat oleh pak Budi harjo,,,Oke dech lau sama...

      Hapus
  4. No 16 ada kesalahan penulisan hitungan faktorial pada setiap ksus. kurang operasi bagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya,... he he he... terburu-buru paling ngetiknya: belum di kasih tanda per.
      makasih pak Saiful...

      Hapus
  5. Terima kasih pembahasannya Pak Tohir ;-). Sedikit pendapat, untuk nomor 4, menurut saya Mira lah yang memecahkan pot tersebut, karena jika Sari yang memecahkan berarti tidak ada yang berbohong alias semuanya jujur. Bagaimana? mohon ditanggapi jika saya salah ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama,lau menurut agan Mira: bagaimana donk penjelasannya agar siswa dapat memahami, monggo dulu uraian dari jenengan...!

      Hapus
    2. hehe... gini Pak, saya asumsikan satu per satu. Jika Tina yang memecahkan berarti ada 2 yang berbohong (yaitu Tina dan Andi), jika Andi yang memecahkan berarti ada 3 yang berbohong (yaitu Andi, Mira, dan Sari), Jika Mira yang memecahkan berarti hanya ada 1 yang berbohong (yaitu Mira sendiri), jika Sari yang memecahkan berarti tidak ada yang berbohong (semuanya jujur). Karena di soal dikatakan hanya ada satu yang berbohong, berarti Mira yang memecahkan. Begitu Pak Tohir :-D

      Hapus
    3. Ooo Oke dech, Tapi Hati-hati lau pembahasan OSN dalam bentuk asumsi: tidak semuanya dapat dibenarkan...

      Hapus

Random Post