•  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018.  Pembahasan yang Penulis susun masih bersifat terbuka untuk diskusi tentang pembahasannya.
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Tingkat Provinsi Tahun 2018 telah terlakasana dengan baik, yaitu pada tanggal 21 April 2018 yang bertepatan dengan Hari Kartini baik bidang studi Matematika, IPA dan IPS. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk menghadapi OSN Tingkat Nasional tahun 2018.
  •  Akhirnya Penulis bisa melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 untuk soal hari kedua. Walaupun akhir-akhir ini banyak sekali kesibukan yang Penulis lakukan disamping menyusun dan mengkoreksi soal Pre Test OSN Guru Matematika SMP Tahun 2016 termasuk mempersiapkan modul pelatihannya, kegiatan kampus, kegiatan sekolah dll........
  •  Alhamdulillahirobbil ‘alamin.... patut Penulis ucapkan karena di sela-sela kesibukan yang Penulis dapatkan pada akhirnya Penulis bisa mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 Hari Pertama. Dimana pada postingan sebelumnya Penulis sudah mempostingkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016.......
  •  Postingan berikut akan penulis lampirkan tentang Hasil Koreksi OSN SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016. Sedangkan Tuan rumah untuk peserta OSN yang lolos Ke Tingkat Nasional Tahun 2016 ini terletak Kota Palembang, Sumatera Selatan. Ajang akbar tahunan ini akan diselenggarakan pada pada 15-21 Mei 2016........
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016 Bagian B: Soal Uraian, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat.......
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016.......
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Guru Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 telah terlakasana dengan baik pada tahun ini, baik bidang studi Matematika maupun IPA. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk OSN Guru Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional Tahun 2016......
  •  Pada postingan kali ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian B: SoalUraian. Dimana pada postingan sebelumnay Penulis telah mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian A.....
  •  Alhamdulillahirobbalil alamin patut kita ucapkan kepada Allah SWT atas terselesainya pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 ini dengan baik dan menarik pada hari Sabtu, tanggal 5 Maret 2016....

Senin, 20 April 2015

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2015 (Bagian A: Soal Isian Singkat)

Pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2015. Sedangkan pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2015 Bagian A: Soal Isian Singkat. Pembahasan yang Penulis susun masih bersifat terbuka untuk diskusi tentang pembahasannya. Barang kali ada pembahasan yang kurang tepat atau ada pembahasan yang lebih gampang dipaami oleh siswa Penulis sangat berharap untuk kritik dan masukannya. Hal ini bertujuan untuk saling membantu untuk mendongkrak kualitas mutu Pendidikan di indonesia, apalagi bulan depan adalah bulan Mei yang merupakan mumen Hari Pendidikan Nasional.....heheh :-)

Sedangkan untuk Pembahasan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2015 Bagian B: Soal Uraian, InsyaAllah pada kesempatan yang lain Penulis akan melampirkannya, tunggu saja dalam waktu dekat ....hehehe.... :-)
-----Semoga Bermanfaat-----

Unduh Soal dan Pembahasannya silahkan klik gambar di bawah ini atau [Download]

https://drive.google.com/file/d/0ByVRPALm_krQRHA5VmZoVFJ2OTQ/view?usp=sharing

Demikian lampiran Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2015 (Bagian A Soal Isian Singkat), semoga kita selalu bisa berbagi, amien.....

18 komentar:

  1. Permisi, apakah solusi no. 9 bukan 21755/11 dengan bilangan prima 11?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut Penulis sebagai berikut:
      karena salah satu akarnya adalah bilangan prima, maka bilangan prima terbesar yang apabila dikalian dengan suatu bilang tertentu yang hasilnya = 168 hanyalah 7
      atau bilangan 168 habis dibagi oleh bilangan prima yang dimaksud (yakni 7, bisa 2 dan bisa 3)
      sehingga yang terpenuhi hanyalah bilangan prima 7

      atau kungkritnya sebagai berikut
      168 ==> 168 × 1 = 84 × 2 = 56 × 3 = 42 × 4 = 28 × 6 = 24 × 7 = 21 × 8 = 14 × 12

      sedangkan bilangan prima 11: tidak terdapat pada dua perkalian bilangan yang hasilnya 168....

      atau mungkin bagaimanakah dengan pembahasannya dari Velentino Dante sendiri?

      Hapus
    2. Bilangan perkalian itu tidak harus bulat, maka karena diminta terbesar jawabannya adalah 21755/11

      Hapus
    3. oh..iyya, Penulis baru tau maksud dari agan Valentino: didalam soal tidak ada keterangan bahwa kedua akar2 penyelesaiannya haruslah bilangan bulat...
      Terimakasih banyak atas masukannya,ya...smg sukses untuk anak Bangsa, amien...

      Hapus
  2. terimakasih pak Tohir, sangat bermanfaat bagi yang dipedalaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyya, sama-sama, alhamdulillah smg smg sukses untuk Anak Bangsa, amien..

      Hapus
  3. saya sependapat dengan pak Tohir dan Valentino Dante, bahwa nomor 9 jawabannya 21755/11 atau 1977,727, karena bilangan perkalian itu tidak harus bulat dan akar penyelesaian dari persmaan kuadrat tidak selalu bulat.

    BalasHapus
  4. Terima kasih Pak Tohir, sangat membantu
    Sedikit masukan, untuk no. 6 akan jauh lebih mudah jika kita melihat bilangan terakhir
    Barisan : 1, 4, 9, 16, ..., n^2
    ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyya, sama...
      oke, terimakasih atas masukannya..
      kalau boleh jujur: sebenarnya ada sedikit kesengajaan dari Penulis utk memilih bilangan pertama, yakni untuk memperkenal/mengingatkan kembali kpda pembaca tentang materi deret bertingkat.... :-)

      Hapus
  5. maaf sebelumnya,
    kesalahan jawaban penulis no 9 itu
    di bagian
    x1.x2=c/a =168/2 =84

    jadi
    kemungkinan x1 prima
    cuma 2, 3, 7

    shg
    pasangan (x1,x2) yg mungkin
    (2,42) (3,28) atau (7,12)

    x1+x2 = (2015-c)/2
    c=2015 -2(x1+x2)
    supaya c maksimum
    dipilih x1+x2 minimum, yaitu 7+12 =19

    jadi
    c terbesar =2015 -2(19)
    c = 1977

    BalasHapus
  6. maaf, ternyata jawaban sy di atas salah
    krn x2 tidak harus bulat

    pertanyaan saya
    kenapa x1 nya harus 11 agar c maksimum?
    kenapa stop di 17 bilangan primanya?

    terimakasih

    saran untuk no8
    lebih mudah dengan komplemen

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba lihat polanya...!
      polnya sudah jelas terlihat: setelah x1 = 11, semakin besar nilai x-nya semakin sedikit nilai bilangan primanya

      atau mungkin ada pendapat lain? silakan..

      Hapus
  7. diketahui bilangan real positif a dan b memenuhi persamaan a⁴ a²b² b⁴=6 dan a² ab b²=4 Nilai dari a b adalah ...

    tolong jawabannya dong������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya soalnya yang benar seperti berikut?:

      Diketahui bilangan real positif a dan b memenuhi persamaan a⁴ + a²b² + b⁴ = 6 dan a² + ab + b² = 4. nilai dari a + b adalah....


      Maka Pembahasannya sebagai berikut:

      a⁴ + a²b² + b⁴ = 6 .... (1)
      a² + ab + b² = 4 .... (2)

      Langkah pertama mencari trik utk menyelesaikannya, perhatikan persamaan (2)
      a² + ab + b² = 4
      persmaan (2) dikuadratkan, menjadi:
      (a2 + ab + b²)² = 4²
      (a² + b² + ab)(a² + b² + ab) = 16
      a⁴ + a²b² + a³b + a²b² + b⁴ + ab³ + a³b + ab³ + a²b² = 16
      a⁴ + a²b² + b⁴ + a³b + a²b² + ab³ + a³b + ab³ + a²b² = 16 .... (3)

      Perhatikan persamaan (3) dan (1), didapat
      (a⁴ + a²b² + b⁴) + a³b + a²b² + ab³ + a³b + ab³ + a²b² = 16
      6 + a³b + a²b² + ab³ + a³b + ab³ + a²b² = 16
      a³b + a²b² + ab³ + a³b + ab³ + a²b² = 16 – 6
      a³b + a²b² + ab³ + a³b + ab³ + a²b² = 10
      ab(a² + ab + b² + a² + b² + ab) = 10
      ab(2a² + 2ab + 2b²) = 10
      2ab(a² + ab + b²) = 10
      ab(a² + ab + b²) = 10/2
      ab(a² + ab + b²) = 5 .... (4)

      Perhatikan persamaan (4) dan (2), didapat
      ab(a² + ab + b²) = 5
      ab(4) = 5
      ab = 5/4 .... (5)

      kemudian perhatikan persamaan (2), didapat
      a2 + ab + b2 = 4
      a² + b² + ab = 4
      (a + b)² – 2ab + ab = 4 [ingat: (a + b)2 = a2 + b2 + 2ab]
      (a + b)² – ab = 4
      (a + b)² = 4 + ab .... (6)

      Perhatikan persamaan (6) dan (5), didapat
      (a + b)² = 4 + 5/4
      (a + b)² = 16/4 + 5/4
      (a + b)² = 21/4
      a + b = ±√(21/4)
      a + b = ±√21/ 2
      a + b = (½)√21 atau –(½)√21

      Jadi, nilai dari a + b yang memenuhi adalah (½)√21

      Hapus
  8. Terima kasih, Pak Tohir. Sebagai guru, saya sangat terbantu. Jazakallu khaira.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, alhamdulillah... smg kita bisa selalu berbagi dengan anak bangsa, amien...

      Hapus
  9. Assalamu'alaikum pak, mau bertanya ide bagaimana solusinya ya pak.
    Semua pasangan bilangan (x,y) yg memenuhi
    12x²y² + 3x² + 32y²= 2012

    BalasHapus

Random Post