•  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018.  Pembahasan yang Penulis susun masih bersifat terbuka untuk diskusi tentang pembahasannya.
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Tingkat Provinsi Tahun 2018 telah terlakasana dengan baik, yaitu pada tanggal 21 April 2018 yang bertepatan dengan Hari Kartini baik bidang studi Matematika, IPA dan IPS. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk menghadapi OSN Tingkat Nasional tahun 2018.
  •  Akhirnya Penulis bisa melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 untuk soal hari kedua. Walaupun akhir-akhir ini banyak sekali kesibukan yang Penulis lakukan disamping menyusun dan mengkoreksi soal Pre Test OSN Guru Matematika SMP Tahun 2016 termasuk mempersiapkan modul pelatihannya, kegiatan kampus, kegiatan sekolah dll........
  •  Alhamdulillahirobbil ‘alamin.... patut Penulis ucapkan karena di sela-sela kesibukan yang Penulis dapatkan pada akhirnya Penulis bisa mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 Hari Pertama. Dimana pada postingan sebelumnya Penulis sudah mempostingkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016.......
  •  Postingan berikut akan penulis lampirkan tentang Hasil Koreksi OSN SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016. Sedangkan Tuan rumah untuk peserta OSN yang lolos Ke Tingkat Nasional Tahun 2016 ini terletak Kota Palembang, Sumatera Selatan. Ajang akbar tahunan ini akan diselenggarakan pada pada 15-21 Mei 2016........
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016 Bagian B: Soal Uraian, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat.......
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016.......
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Guru Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 telah terlakasana dengan baik pada tahun ini, baik bidang studi Matematika maupun IPA. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk OSN Guru Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional Tahun 2016......
  •  Pada postingan kali ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian B: SoalUraian. Dimana pada postingan sebelumnay Penulis telah mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian A.....
  •  Alhamdulillahirobbalil alamin patut kita ucapkan kepada Allah SWT atas terselesainya pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 ini dengan baik dan menarik pada hari Sabtu, tanggal 5 Maret 2016....

Minggu, 09 Februari 2014

Kegiatan Pembelajaran Matematika SMP Kelas 7 dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik


Berikut ini Penulis lampirkan salah satu contoh kegiatan pembelajran Matematika SMP Kelas 7 yang sangat cocok sekali untuk Kurikulum 2013, dimana didalam pembelajaran Kurikulum 2013 harus menggunakan pendekatan saintifik yang diantaranya adalah seperti: Mengamati, Bertanya, Menggali Informasi/Sedikit Informasi, Menalar, dan berbagi. untuk lebih jelasnya coba perhatikan uraian berikut ini.






Di sekitar kita, terdapat berbagai objek, seperti gedung yang bentuk permukaan bangunannya merupakan daerah segitiga. Pintu rumah yang berbentuk persegi panjang. Berbagai permasalahan kehidupan banyak yang dapat dipecahkan menerapkan berbagai konsep dan aturan-aturan pada segitiga.
Pernahkah kalian melihat gambar seperti berikut?



Gambar 1.1 Pintu, jendela, ketupat, layang-layang dan langit-langit


Permasalahannya sekarang, bagaimana kita mengetahui bahwa disekitar kita terdapat bangun-bangun yang bentuknya terdiri dari segiempat dan segtiga? Di mana benda-benda ini sering dipasang? Apa manfaat dari masing-masing rambu? Secara matematis apakah persamaannya? Perbedaannya?




Salah satu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada masalah 5.1 adalah sebagai berikut:



Keluarlah dari dalam kelas dan berpencarlah sesuai dengan kelompoknya masing-masing. Gunakan waktu seefisien mungkin untuk menemukan masing-masing lima benda yang berbentuk: (1) Segiempat, dan (2) Segitiga. Salin tabel di bawah ini, kemudian lengkapi (jika memungkinkan).



Tabel 1.1 Temuan Bentuk Bangun Datar


Dalam belajar, khususnya belajar matematika kita tidak boleh berhenti hanya karena jawaban telah ditemukan. Kita harus terus berfikir dan bertanya-tanya. Berikut pertanyaan yang dapat diajukan.
Bagaimana jika …? Apa yang akan terjadi? Apakah akan lebih baik?”

Misal jendela yang berbentuk persegi panjang dengan rasio tinggi: lebar sama dengan 3 : 2 adalah salah satu benda yang masuk dalam daftar.

Pertanyaan yang muncul antara lain:
·      Apakah rasio 3 : 2 itu selalu memberikan hasil yang paling serasi?
·      Bagaimana jika rasionya dibuat 5 : 3?





Kalian tadi sudah mendapatkan fakta-fakta hasil pengamatan, coba buatlah pertanyaan yang memuat kata-kata berikut:
1.    “rasio” dan “tinggi, lebar”
2.    “segitiga” dan “jendela, pintu”
3.    “segiempat” dan “ruang kelas”
Tulislah pertanyaan kalian di lembar kerja/buku tulis!






Jika ukuran semula dari tinggi jendela adalah 150 cm dan lebarnya 90 cm, maka bagaimana caranya agar terjadi rasio 5 : 3 (asumsikan tingginya tetap), berapakah lebarnya?
 
Kalau dipasang sungguh jendela seperti itu, bagaimana dengan jarak dari ujung dinding paling jauh? Terlihat serasi tidak?
Akan lebih bagus kalau kalian mengujicobakan. Buatlah jendela buatan dari kertas dan tempelkan… coba lihat… apakah jadi lebih baik atau lebih jelek?
Kalau sudah… tuliskan keputusan kalian berikut alasannya



Sampaikan tulisan kalian itu ke teman sebelah kalian… mintalah teman kalian itu membaca, mengkaji, mengkritisi, dan lain-lain… kalau bisa, kalian juga memberikan bantahan, sanggahan terhadap hal-hal yang kurang masuk akal… tapi usahakan agar sanggahan itu terdengar sopan, santun, lembut, dan tidak membuat yang disanggah sakit hati.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Random Post