•  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018.  Pembahasan yang Penulis susun masih bersifat terbuka untuk diskusi tentang pembahasannya.
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Tingkat Provinsi Tahun 2018 telah terlakasana dengan baik, yaitu pada tanggal 21 April 2018 yang bertepatan dengan Hari Kartini baik bidang studi Matematika, IPA dan IPS. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk menghadapi OSN Tingkat Nasional tahun 2018.
  •  Akhirnya Penulis bisa melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 untuk soal hari kedua. Walaupun akhir-akhir ini banyak sekali kesibukan yang Penulis lakukan disamping menyusun dan mengkoreksi soal Pre Test OSN Guru Matematika SMP Tahun 2016 termasuk mempersiapkan modul pelatihannya, kegiatan kampus, kegiatan sekolah dll........
  •  Alhamdulillahirobbil ‘alamin.... patut Penulis ucapkan karena di sela-sela kesibukan yang Penulis dapatkan pada akhirnya Penulis bisa mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 Hari Pertama. Dimana pada postingan sebelumnya Penulis sudah mempostingkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016.......
  •  Postingan berikut akan penulis lampirkan tentang Hasil Koreksi OSN SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016. Sedangkan Tuan rumah untuk peserta OSN yang lolos Ke Tingkat Nasional Tahun 2016 ini terletak Kota Palembang, Sumatera Selatan. Ajang akbar tahunan ini akan diselenggarakan pada pada 15-21 Mei 2016........
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016 Bagian B: Soal Uraian, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat.......
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016.......
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Guru Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 telah terlakasana dengan baik pada tahun ini, baik bidang studi Matematika maupun IPA. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk OSN Guru Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional Tahun 2016......
  •  Pada postingan kali ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian B: SoalUraian. Dimana pada postingan sebelumnay Penulis telah mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian A.....
  •  Alhamdulillahirobbalil alamin patut kita ucapkan kepada Allah SWT atas terselesainya pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 ini dengan baik dan menarik pada hari Sabtu, tanggal 5 Maret 2016....

Sabtu, 31 Agustus 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2009 Nomor 3



Soal:
Perhatikan gambar berikut. Huruf-huruf a, b, c, d, dan e di dalam kotak akan diganti dengan angka-angka dari 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, atau 9, dengan syarat a, b, c, d, dan e harus berlainan. Jika diketahui ae = bd, ada berapa susunan yang mungkin terjadi?

Pembahasan:
Diketahui Huruf-huruf a, b, c, d, dan e di dalam kotak akan diganti dengan angka-angka dari 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, atau 9, dengan syarat a, b, c, d, dan e harus berlainan dan ae = bd
Kemudian kita mencari pasangan persamaan perkalian dari ae = bd  yang mungkin terjadi, yakni:

Jumat, 30 Agustus 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2009 Nomor 2 (Disertai Solusi Alternatifnya)

Soal:
Di Indonesia, dahulu dikenal pecahan yang disebut “Pecahan Nusantara”. Pecahan  Nusantara adalah pecahan a/b demikian sehingga a dan b adalah bilangan-bilangan asli dan a < b . Tentukan jumlah semua pecahan nusantara mulai dari pecahan dengan b = 2 sampai dengan b = 1000.


Pembahasan:
Penjumlahan Pecahan Nusantara yang dimaksudkan oleh soal adalah sebagai berikut:
 Kemudian kita mencari pola penyelesaian dari penjumlahan pecahan tersebut, yaitu;

Kamis, 29 Agustus 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2009 Nomor 1


Soal:
Sebuah persamaan kuadrat memiliki akar-akar bilangan asli a dan b. Persamaan kuadrat lainnya memiliki akar-akar b dan c dengan a c . Jika a, b, dan c merupakan bilangan-bilangan prima yang kurang dari 15, ada berapa macam pasangan yang mungkin memenuhi syarat tersebut (dengan syarat koefisien dari suku kuadratnya sama dengan 1)?


Pembahasan:
Misalkan pasangan persamaan kuadrat yang dimaksud adalah
x1 – (a + b)x + ab = 0
x2 – (b + c)x + bc = 0
dimana nilai dari a, b dan c adalah {2, 3, 5, 7, 11, 13} dengan ac

Sabtu, 24 Agustus 2013

Modul Materi PLPG Sertifikasi Guru 2013


Bapak/Ibu guru sebentar lagi pelaksanaan PLPG akan segera dimulai. Berbagai kebutuhan tentunya sudah dipersiapkan baik materi maupun kondisi mental. Berdasarkan kebijakan BPSDMP-PMP, materi PLPG diupayakan untuk diunggah agar para peserta sudah siap sebelum PLPG dimulai, sehingga para Guru bisa dapat mempelajarinya terlebih dahulu. Adapun materi dan perlengkapannya, berikut ini Penulis lampirkan beberapa Materi yang mungkin diperlukan/dibutuhkan oleh peserta PLPG 2013.

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2009 Nomor 3



Soal:
Dalam sebuah kantong terdapat 5 bola warna putih, 2 bola warna hijau, dan 3 bola warna merah. Akan diambil 3 bola secara satu persatu dengan pengembalian artinya bila bola sudah diambil dikembalikan ke dalam kantong tersebut. Peluang ketiga bola yang terambil berwarna hijau adalah….

Pembahasan:
Banyaknya bola berwarna putih (P) = 5
Banyaknya bola berwarna hijau (H) = 2
Banyaknya bola berwarna merah (M) = 3
Banyaknya bola seluruhnya n(S) = 10

Jumat, 23 Agustus 2013

Matematika Sedekah

Oleh: Ustad Yusuf Mansur

Ustad Yusuf Mansur bertutur bahwa dengan sedekah ini, kita bisa memperoleh ampunan Allah, menutup kesalahan serta keburukan serta bisa mendatangkan ridho Allah SWT.
Intinya sederhana, barang siapa yang memberi maka dia akan dibalas oleh Alloh dengan berlipat-lipat. Karena Alloh SWT. tidak pernah menyia-nyiakan hambanya telah mendekat kepada-Nya.
Qs Ali Imran 195
...فَاسْتَجَابَ لَهُمْ رَبُّهُمْ أَنِّي لَا أُضِيعُ عَمَلَ عَامِلٍ مِنْكُمْ مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَىٰ
“Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman): “Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki atau perempuan,..” (QS. Ali ‘Imran : 195)

Berikut konsep “matematika“ sedekah Ustad Yusuf Mansur:

Sabtu, 17 Agustus 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2009 Nomor 3



Soal:
Diketahui koordinat segiempat ABCD adalah A(0, 0), B(30, 0), C(40, 0), dan D(30, 40). Titik E dan F masing –masing membagi sisi CD dan AC menjadi dua bagian sama panjang. Jika pada segitiga CEF dibuat lingkaran dalam maka koordinat titik pusat lingkaran adalah ….
A.   (5, 35)
B.   (35, 5)
C.   (7 ½, 10)
D.   (10, 7 ½)


Pembahasan: A
Perhatikan ilustrasi gambaarnya berikut:
 Perhatikan segitiga FEC siku-siku di C , dengan Teorema Pythagiras didapat:

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2009 Nomor 2



Soal:
Misalkan S = { 21, 22, 23, …, 30 } . Jika empat anggota S diambil secara acak, maka peluang terambilnya empat bilangan yang berjumlah genap adalah …
A.  2/5
B.  1/2
C.  11/21
D.  2/3


Pembahasan: C
Diketahui S = { 21, 22, 23, 24, 25, 26, 27, 28, 29, 30}, maka n(S) = 10 .
Banyaknya semua kemungkinan terambilnya empat bilangan secara adalah sebanyak:

4C10 = 10 x 7 x 3

Menurut aturan penjumlahan bahwa apabila terambilnya empat bilangan yang berjumlah genap maka jumlah dari empat bilangan mempunyai 3 kemungkinan, yaitu sebagai berikut:

Selasa, 13 Agustus 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2009 Nomor 1 (Disertai Solusi Alternatifnya)

Soal:
Jika a, b, 15 , c, d membentuk barisan aritmetika, maka a + b + c + d = ….
         A.  45
         B.  60
         C.  75
         D.  90


Pembahasan: B
Karena a, b, 15 , c, d membentuk barisan aritmetika, maka selisih antara dua suku berurutan tetap, maka:

Senin, 12 Agustus 2013

Soal dan Pembahasan Olimpiade Matematika Vektor Nasional (OMVN) 2012 Tingkat SMP (Babak Penyisihan: Nomor 11 – 20)



Pada Postingan sebelumnya Penulis sudah Lampirkan Soal dan Pembahasan Olimpiade Matematika Vektor Nasional (OMVN) 2012 Tingkat SMP (Babak Penyisihan) Nomor 1 – 10 secara satu-persatu, sedangkan postingan berikut ini Penulis lampirkan Soal dan Pembahasannya mulai Nomor 11 sampai Nomor 20 dalam bentuk file.
Apabila ada pembahasan yang lebih singkat dan mudah serta dapat dipahami dengan mudah oleh siswa, Penulis sangat berterimakasih untuk saling berbagi, karena Penulis hanyalah manusia biasa...

Minggu, 11 Agustus 2013

Diskusi Tentang Lingkaran

Kami telah diskusi banyak tentang Lingkaran yang telah dipostingkan oleh Penulis pada Grup FB: Forum Guru Republik Indonesia didalam diskusi kami terjadi perdebatan yang hangat dan menarik tentang yang dimaksud dengan Lingakaran, Keliling Lingkaran dan Luas Lingkaran. Untuk lebih jelasnya silahkan disimak baik-baik pendapat antar para guru...

Pendapat Para Guru Tentang ‘Siswa Bodoh dan Siswa Pintar’

Berikut ini Penulis lampirkan Hasil Diskusi Kami di Forum Guru, dimana didalam forum tersebut merupakan kumpulan pendapat para guru tentang suatu pernyataan yang telah dipostingkan oleh Penulis di 2 Grup FB_Forum Guru, yang mana pernyataan tersebut merupakan selogan untuk Guru agar para Guru selalu dan selalu meningkatkan kualitas dan kuantitas mengajarnya sehingga pendidikan di indonesai semakin bermutu dan bermartabat,... tentunya juga para siswa sendiri menjadi senang belajar dan dengan mudah menerima dan memahami pelajaran yang pada akhirnya akan berguna bagi Nusa dan Bangsa,....

Minggu, 04 Agustus 2013

Soal dan Pembahasan Olimpiade Matematika Vektor Nasional (OMVN) 2012 Tingkat SMP Nomor 10 (Babak Penyisihan)



Soal:
Kepada lima anak yang lolos sebagai finalis omv2012, tiga anak diantaranya akan diberi sovenir sebagai kenang-kenangan. Jika terdapat lima sovenir yang berbeda maka banyak cara memberikan sovenir-sovenir tersebut adalah …. cara

Pembahasan:
Diketahui Kepada lima anak yang lolos sebagai finalis omv2012, tiga anak diantaranya akan diberi sovenir sebagai kenang-kenangan, sehingga

Sabtu, 03 Agustus 2013

Soal dan Pembahasan Olimpiade Matematika Vektor Nasional (OMVN) 2012 Tingkat SMP Nomor 9 (Babak Penyisihan)



Soal:
Banyak bilangan bulat x yang memenuhi (x –1)2 (x 2)3 (x + 500) = 2012




Pembahasan:
Diketahui (x –1)2 (x 2)3 (x + 500) = 2012
Kemudian mencari faktor pima dari 2012, yaitu: 1 . 22 . 503, sehingga

Soal dan Pembahasan Olimpiade Matematika Vektor Nasional (OMVN) 2012 Tingkat SMP Nomor 8 (Babak Penyisihan)



Soal:
Delapan bilangan asli memiliki rata-rata 6,5. Empat dari delapan bilangan tersebut adalah 4, 5, 7, dan 8. Selisih antara bilangan terbesar dan terkecil adalah 10. Jika kedelapan bilangan diurutkan dari kecil ke besar, maka banyaknya susunan ada ….

Pembahasan:
Diketahui rata-rata delapan bilangan asli = 6,5; sehingga jumlah ke-8 bilangan tersebut = 52.
Dan jumlah 4 bilangan yang diketahui adalah 4 + 5 + 7 + 8 = 24

Misalkan ke-4 bilangan yang belum diketahui: a, b, c, d; sehingga, a + b + c + d = 28
Sehingga diperoleh:

Jumat, 02 Agustus 2013

Soal dan Pembahasan Olimpiade Matematika Vektor Nasional (OMVN) 2012 Tingkat SMP Nomor 7 (Babak Penyisihan)



Soal:
Untuk bilangan real positip x, jika x – 12 = 1/x maka nilai dari  x4 – 10x3 –15x2 –122x + 2012 = ...

Pembahasan:
Diketahui: x – 12 = 1/x
x – 12 = 1/x         ==> x2 – 12x = 1                  (dikalikan x)
                          ==> x2 = 12x + 1

x – 12 = 1/x         ==> x3 – 12x2 = x                 (dikalikan x2)

Soal dan Pembahasan Olimpiade Matematika Vektor Nasional (OMVN) 2012 Tingkat SMP Nomor 6 (Babak Penyisihan)



Soal:
Bilangan asli a terkecil sedemikian sehingga 39a + 38 + 36 merupakan bilangan kubik adalah ….

Pembahasan:
Diketahui: 39 a + 38 + 36
39 a + 38 + 36     = 36 . 33 a + 36 . 32 + 36
                          = 36(33 a + 32 + 1)

Random Post