•  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2018.  Pembahasan yang Penulis susun masih bersifat terbuka untuk diskusi tentang pembahasannya.
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Tingkat Provinsi Tahun 2018 telah terlakasana dengan baik, yaitu pada tanggal 21 April 2018 yang bertepatan dengan Hari Kartini baik bidang studi Matematika, IPA dan IPS. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk menghadapi OSN Tingkat Nasional tahun 2018.
  •  Akhirnya Penulis bisa melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 untuk soal hari kedua. Walaupun akhir-akhir ini banyak sekali kesibukan yang Penulis lakukan disamping menyusun dan mengkoreksi soal Pre Test OSN Guru Matematika SMP Tahun 2016 termasuk mempersiapkan modul pelatihannya, kegiatan kampus, kegiatan sekolah dll........
  •  Alhamdulillahirobbil ‘alamin.... patut Penulis ucapkan karena di sela-sela kesibukan yang Penulis dapatkan pada akhirnya Penulis bisa mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016 Hari Pertama. Dimana pada postingan sebelumnya Penulis sudah mempostingkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2016.......
  •  Postingan berikut akan penulis lampirkan tentang Hasil Koreksi OSN SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016. Sedangkan Tuan rumah untuk peserta OSN yang lolos Ke Tingkat Nasional Tahun 2016 ini terletak Kota Palembang, Sumatera Selatan. Ajang akbar tahunan ini akan diselenggarakan pada pada 15-21 Mei 2016........
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016 Bagian B: Soal Uraian, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat.......
  •  Pada postingan berikut ini Penulis akan melampirkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2016 Bagian A: Soal Isian Singkat, dimana pada postingan sebelumnya Penulis telah melampirkan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi 2016.......
  •  Alhamdulillahirobbil alamin, patut kita bersyukur kepada Allah SWT. karena pelaksanaan OSN Guru Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 telah terlakasana dengan baik pada tahun ini, baik bidang studi Matematika maupun IPA. untuk selanjutnya kita akan mempersiapkan diri untuk OSN Guru Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional Tahun 2016......
  •  Pada postingan kali ini Penulis akan melampirkan tentang Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian B: SoalUraian. Dimana pada postingan sebelumnay Penulis telah mempostingkan Soal dan Pembahasan OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bagian A.....
  •  Alhamdulillahirobbalil alamin patut kita ucapkan kepada Allah SWT atas terselesainya pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 ini dengan baik dan menarik pada hari Sabtu, tanggal 5 Maret 2016....

Sabtu, 21 Desember 2013

Kurikulum 2013 Terbukti Dorong Siswa Lebih Aktif

Mamuju, Sulawesi Barat --- Kurikulum 2013 bertujuan mendorong peserta didik untuk mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar,­ dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), terhadap apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah mene­rima materi pembelajaran. Setelah berjalan selama satu semester, implementasi Kurikulum 2013 terbukti mampu mencapai tujuan tersebut. Misalnya peserta didik di SDN 1 Unggulan Mamuju, Sulawesi Barat, yang terlihat lebih aktif.

“Dengan telah dilaksanakannya Kurikulum 2013 ini siswa terlihat  lebih aktif lagi dibanding sebelumnya. Kurikulum 2013 sangat baik. Kami mendukung Kurikulum 2013, selama ke arah yang lebih baik untuk pendidikan di Indonesia kami mendukung sepenuhnya,” kata Ferdi, guru kelas IV SDN 1 Unggulan Mamuju, Sulbar, saat diwawancarai Tim Portal Kemdikbud di Gedung SDN 1 Unggulan Mamuju, (17/12).
Ia mengakui, ada hambatan yang dialami guru dalam mengajar Kurikulum 2013, salah satunya konsep Kurikulum 2013 yang tematik. “Mungkin lama-kelaman bagi guru yang belum  pernah mengajar dalam proses pembelajaran tematik akan lebih terbiasa dan bisa,” jelasnya ketika ditanya kendala bagi para guru.
Pembelajaran tematik dapat diartikan suatu kegiatan pembelajaran dengan mengintegrasikan materi beberapa mata pelajaran dalam satu tema/topik pembahasan. Namun ia mengatakan, hal itu bisa diatasi dengan kreativitas masing-masing guru dalam mengembangkan silabus.
Sementara Raymon, siswa kelas IV SDN Unggulan 1 Mamuju mengatakan, Kurikulum 2013  lebih baik dibanding sebelumnya. “Kalau guru sudah menjelaskan dan murid sudah mengerti, baru melakukan kegiatan,” katanya di sela-sela waktu istirahatnya di sekolah.
Siswa yang selalu masuk dalam 5 besar di kelas ini menceritakan bagaimana proses belajar-mengajar di sekolah setelah pelaksanaan Kurikulum  2013.  Ia mengaku bisa mengikuti dan mengerti maksud gurunya dalam kegiatan belajar mengajar. Begitu juga saat melakukan suatu percobaan untuk mencari jawaban dari sebuah fenomena. “Kalau belum  dimengerti, bisa mencoba lagi, jadi bisa lebih mengerti lagi,” ujar Raymon yang bercita-cita menjadi dokter itu.
Ia juga senang dengan perubahan jumlah buku pelajaran. Berkurangnya buku pelajaran yang digunakan dalam Kurikulum 2013, dinilai meringankan peserta didik. “Sekarang kan cuma empat buku, jadi tidak banyak dipelajari kalau ulangan semester. Daripada yang dulu banyak sekali,” tuturnya dengan logat khas Mamuju. (EH)



Sumber: kemdikbud


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Random Post